Kenali Apa Itu Vertigo, Kondisi Pusing Tujuh Keliling

Obat pusing tujuh keliling sering menjadi trending pencarian yang berkaitan dengan keadaan medis di internet. Anda sering merasa pusing tujuh keliling ketika berdiri dari posisi sebelumnya duduk atau tiduran? Tentu rasanya seperti hendak pingsan. Masyarakat awam berpendapat bahwa hal itu merupakan gejala dari tekanan darah rendah.

Pusing tujuh keliling menjadi salah satu gejala Vertigo, yang sebenarnya bukanlah nama sebuah penyakit. Vertigo merupakan kumpulan dari beberapa gejala yang terjadi secara serentak dalam suatu waktu tertentu. Secara umum ada dua kelompok vertigo, yakni :
  • Vertigo Sentral
Vertigo jenis ini disebabkan karena adanya masalah pada otak, terutama bagian otak kecil atau cerebellum. Bagian otak tersebut berhubungan langsung dengan sistem saraf sumsum tulang belakang. Serta berperan sebagai pengatur utama gerakan tubuh. Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab vertigo sentral ialah tumor otak, Neuroma akustik, migrain, dan stroke.

Vertigo
  • Vertigo Peripheral
Jenis vertigo ini disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam, salah satunya yang bertugas mengatur keseimbangan tubuh. Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau BPPV merupakan penyebab utama umum pada vertigo. Yakni kondisi di mana bagian telinga dalam terjadi gangguan yang dipicu oleh perubahan posisi kepala secara tiba-tiba. Contohnya dari posisi tegak tiba-tiba menjadi menunduk.

Kondisi BPPV juga lebih rentan terjadi dialami oleh orang yang pernah melakukan operasi telinga, memiliki riwayat cedera kepala. Ada Pula mengalami infeksi telinga atau sedang dalam masa penyembuhan (bedrest).

Di banyak blog kesehatan menerangkan penelitian yang menunjukkan bahwa merasa pusing ketika berdiri dua kali lebih memungkinkan terserang stroke. Dan lebih tinggi 54 persen untuk terjadi demensia, hal tersebut hasil dari analisis 11.709 orang dengan usia rata-rata 54 tahun.

Sensasi pusing seperti berputar-putar disebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, bahkan dapat membuat beberapa orang pingsan. Dalam istilah medis, hal ini disebut dengan Hipertensi Ortostatik atau OH. Pengukurannya merupakan cara baru dalam mengidentifikasi demensia dan juga stroke.

Ada 4 gerakan yang dapat mengatasi vertigo atau pusing, yang pertama Manuver Epley, Manuver Semont, Maneuver Foster atau Half Somersault. Dan yang terakhir Follow Up, jika Anda tidak merasa lebih baik seminggu sesudah mencoba latihan tadi. Sebaiknya bicarakan dengan dokter, mungkin Anda kurang tepat melakukannya atau mungkin ada suatu penyebab lain.
BAGIKAN:

+1

PROMO! Talenan Hias -Klik Disini-